Kamis, 19 April 2012

WHITE HAT HACKER BUKAN HANYA DIBUTUHKAN INTERNET NAMUN JUGA PAHLAWAN INTERNET

(oleh:Jodii Arlan Kurnia)

Definition of Hacker
Hacker itu sendiri pada awalnya hanya sebuah kelompok mahasiswa di MIT (sebuah universitas terkenal dengan IT nya) yang menamakan kelompoknya dengan kata “HACKER”. Hacker bagi mereka sendiri adalah seseorang atau kelompok yang memiliki keahlian dalam bidang computer yang bertujuan untukmembuat suatu program yang telah ada.
Namun di dunia atau khususnya Indonesia, hacker lebih berkonotasi negatif. Hal ini disebabkan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang telah menerobos ,merusak, dan hal-hal negative lainnya yang kemudian mereka mengatasnamakan dirinya seorang HACKER.
Hacker sejati bukanlah orang jahat , orang pengecut , ataupun orang malas. Hacker sejati menamakan HACKER PALSU itu dengan sebutan CRACKER (sebutan untuk makanan remah seperti kerupuk). Hacker sejati menganggap bahwa CRACKER adalah pribadi yang malas, dan tak punya tujuan pasti selain merusak.

Classification Of Hacker
Secara garis besar hacker dibagi menjadi 3 bagian menurut tujuanya itu Black Hat Hacker, dan Grey Hat Hacker ,White Hat Hacker (urutan berdasarkan mind setter dari buruk kebaik)
1. BLACK HAT HACKER (CRACKER)
Adalah sekelompok atau individu hacker yang pemalas , jahat, dantak bertanggungjawab serta bertujuan buruk baik bagi pengguna program maupun pemilik program . Di dunia internet sendiri , cracker ini sangat di benci karena ulahnya yang merusak .Ada pula ulah dari cracker ini hanya membuat gaduh atau panic suatu media, seperti contoh berita tentang penyerangan situs jejaring sosial yang akan menyerang dan menghancurkan Facebook pada 11 November tahun lalu, mereka juga secara langsung menyatakan bahwa dirinya merupakan hacker, padahal jelas mereka HACTIVIST (teroris dunia maya). Dalam artikel ini tidak akan dijelaskan lebih jauh mengenai apa itu black hat hacker / cracker, karena saya tidak akan mau secara langsung maupun tidak langsung membimbing dan menjadi seorang pengecut.
2. GREY HAT HACKER (BLACK N WHITE)
Dapat disebut sebagai peralihan antara black hat hacker dan white hacker.Kelompok ini cenderung dianggap sebagai hacker pemula, karena belum bias memilih jati diri antara white hat hacker maupun black hat hacker.Namun banyak juga seorang black hat hacker sengaja membobol atau merusak suatu jaringan atau system pada internet , kemudian menjadi seorang white hat hacker yang muncul untuk menawarkan solusi kerusakan atas kerusakan yang dilakukan dia sendiri , yang bertujuan untuk mendapatkan simpati, atau imbalan atau tujuan-tujuan lain yang merugikan.
3. WHITE HAT HACKER (THE REAL HACKER)
Adalah seseorang yang mempunyai ilmu hacker sejati yang mempunyai etika dalam meretas suatu system, white hat hacker ini juga bias langsung disebut hacker. Hacker ini bertujuan baik , bertolak belakang dengan black hat hacker (cracker). Ada pula seorang hacker yang bertujuan untuk mengendalikan atau bahkan memblock gerakan para cracker .Contoh lain dari praktek hacker ini adalah memberikan informasi kelemahan suatu system jaringan tersebut kepemilik system jaringan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan etika yang ada dengan maksud dan tujuan baik.


About Indonesia, internet, and hacker
Internet di Indonesia mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1988, dan saat ini internet dianggap sebagai dunia satu atap yang menghubungkan antar bangsa Indonesia dan bahkan antar bangsa dunia.Tercatat bahwa di Indonesia pada tahun 2011 : 55 juta pengguna internet dari data tersebut mengindikasikan bahwa sekitar 23% warga Indonesia sudah terhubung internet, dan Indonesia juga menempati peringkat kedua dalam penggunaan facebook.
Seiring dengan perkembangan waktu , banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis ini, baik menggunakannya untuk tujuan positif maupun negative .Namun malangnya Hacker telah di cap sebagai hal yang negatif , padahal jelas hacker sejati adalah positif seperti yang saya jelaskan tadi. Sebagai contoh : ada seorang gamers dan dia mengaku bahwa ID nya telah di Hack,padahal itu adalah bentuk dari kegiatan cracker yaitu SPY.
Di Indonesia banyak sekali pengguna internet yang memiliki ID yang berhubungan dengan jejaring sosial, email, game online, dan lain-lain. Dan banyak pula dari mereka mengaku kehilangan ID nya akibat SPY. Dari data yang di berikan oleh seorang hacker newbie saja , dia mendapatkan tiga keluhan yang sama tiap harinya, hal ini membuktikan bahwa tingkat CRACKER di Indonesia cukup tinggi. Walaupun di Indonesia sendiri terdapat UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, namun terbukti UU tersebut masih sulit untuk ditegakkan mengingat masih minimnya CYBER POLICE di Indonesia.
DENGAN DEMIKIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN WAKTU MAKA OTOMATIS PULA TINGKAT CRACKER DI DUNIA INTERNET INDONESIA JUGA MENINGKAT.

Let gets the point! THIS IS THE GENIUS INTERNET!
White hat hacker, adalah sosok yang dicari di dunia internet di Indonesia.Memang banyak hacker-hacker di Indonesia, namun kebanyakan dari mereka hanya tertuju pada pengetasan suatu sistem, bekerja dalam suatu perusahaan penyedia layanan, dll. Di antara mereka sangat sedikit yang berusaha membantu korban suatu cracker seperti contoh membantu untuk mendapatkan kembali ID(job recovery) yang telah diambil oleh orang lain.
Berikut ini adalah wawancara langsung antara seorang hacker newbie yang membantu orang lain disekitarnya, sebutsajanamanyaarl
• Me: “Kapan anda mulai membantu orang yang telah dicuri ID nya?”
• Arl: “Semenjak saya SMP, waktu itu banyak teman saya yang kehilangan ID nya”
• Me: “Berapa banyak ID yang anda dapatkan kembali tiap harinya?”
• Arl: “Sekitar 4 ID jika tidak sedang sibuk, namun jika sedang sibuk biasanya 2”
• Me: “Apakah anda mematok harga tiap ID?”
• Arl: “Awalnya tidak, namun sekarang secara sukarela mereka memberi saya uang”
• Me:” Berapa?
• Arl: “Maaf saya tidak bias mengatakannya.”
• Me: “Bagaimana anda belajar menjadi hacker? “
• Arl: “Saya belajar secara otodidak, internet adalah guru yang baik bagi saya”
• Me: “Apakah anda bias mengajari saya mengambil ID orang lain?”
• Arl: “Maaf, hacker bukan orang yang suka merugikan orang lain”
Dengan kata lain kedepan nya seorang white hat hacker seperti ini mungkin saja bias menjadi suatu pekerjaan seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia saja, belum lagi pengguna internet dunia.Pertanyaan: bagaimana saya belajar? Jawaban: kita adalah bangsa Indonesia, bangsa yang kreatif dan jadikan internet adalah duniamu dan buku adalah ibumu.bukan hanya membantu sesame manusia melainkan juga BERPIKIR CERDAS TENTANG APA YANG DI ALAMI INTERNET, INDONESIA, DAN DUNIA.
“ilmu akan bermanfaat jika berguna bagi umat, namun akan sesat jika untuk kegiatan jahat”
(Artikel ini tidak membimbing anda untuk menjadi CRACKER, dan sama sekali tidak menyetujui kegiatan apapun yang merugikan orang lain baik di Internet maupun dunia nyata)
Oleh: Jodii Arlan Kurnia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar